Tuesday, January 5, 2010

Penyakit Maag

Pasti teman2 semua udah pada kenal dengan yang namanya "Penyakit Maag" atau mungkin salah satu dari teman2 adalah penderita penyakit maag, sama seperti gw. Yap, gw udah bertahun2 mengidap penyakit maag. Arghh,pengen gw sebut penyakit maag sebagai penyakit terkutuk dan susah banget buat sembuh. Gara2 sakit maag berat badan gw turun jauh banget. Gw jadi kurus dan sepertinya susah buat gemuk lagi walaupun gw makan dengan biadab semua makanan yang ada.

Seperti yang gw kutip dari salah satu artikel di wikipedia. Maag atau tukak lambung atau radang lambung adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan rasa sakit, mulas dan perih pada perut.

Serem banget rasanya kalo baca artikel tersebut karena disana tertulis "penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung". Kata2 luka atau peradangan itu bikin gw kepikiran, luka di tangan aja sakit, apalagi luka di lambung. lambung yang notabene adalah salah satu organ dalam yang sangat penting. Dan jika salah satu organ dalam tubuh kita ada yang terganggu, maka tubuh tidak akan dapat seimbang. Contohnya gw, gw gak boleh makan coklat, ga boleh makan yang pedes2, ga boleh makan yang asem2, ga boleh makan es krim atau minuman lain yang terlalu dingin, ga boleh juga minum softdrink, ga boleh makan yang bersantan, dan lain-lain. Nah, gw jadi bingung harus makan apa. tapi karena gw nekat, gwmakan aja semua yang di pantangin itu. Paling2 perut gw pedih, buat menghilangkan rasa pedihnya gw minum aer gula dan makan magasida, trus sehat lagi deh. Penyakit jangan dimanja deh guyss..

Penyebab munculnya sakit maag bisa terjadi karena si penderita makannya tidak teratur, terdapat mikroorganisme yang merugikan, mengkonsumsi obat-obatan tertentu, dan sebab-sebab lainnya. Biasa juga disebabkan karena sering telat makan. Bagi penderita maag yang sudah terlalu parah sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian. Waspadalahh.. waspadalahhh!!

Ajegile, serem banget kan kata-katanya. Bukan cuma merokok saja yang dapat menyebabkan kematian, tapi sakit maag juga bisa menyebabkan kematian. Padahal gw sering nyepelein aja sakit maag gw. Gw gak suka check-up atau control ke dokter, kecuali kalo maag gw kumatnya udah parah banget dan gw muntah2 ga berhenti2. Mau gak mau gw harus ke dokter.

Maag bisa disembuhkan tetapi tidak bisa sembuh total, maag adalah penyakit yang dapat kambuh apabila si penderita tidak makan teratur, terlalu banyak makan, atau sebab lain. Biasanya untuk meredakan atau menyembuhkannya penderita harus meminum obat jika diperlukan. Tetapi maag dapat di cegah, yaitu dengan cara makan teratur, makan secukupnya, cuci tangan sebelum makan, dan jangan jajan sembarangan .

Jadi buat temen2 yang sudah terlanjur menderita maag, sebaiknya selalu membawa obat maag kemanapun kalian pergi, trus bawa juga cemilan dan air putih. Soalnya gw juga seperti itu, gw selalu membawa bekal kemanapun gw pergi, udah kayak anak teka deh pokoknya. Tapi demi kesehatan yaah gw jalani aja walaupun rada ribet. Selain itu, membawa bekal juga merupakan upaya penghematan uang jajan. Hehehehee.


Semoga lekas sembuh,
ada gula ada semut,
peace, love, rock'n roll,
bye bye

No comments:

Post a Comment